Rabu, 29 November 2017

Cara Memasang Cbox di Blogspot

Memasang Chat di Blog | Cara Menambahkan Chat di Blog | Demi tercapainya kenyamanan di blog Cerita Madya, maka berbagai fitur atau widget diujicobakan. Salah satunya dengan memasang fitur Cbox. Bagaimana cara memasang Cbox di Blog?

Bongkar pasang widget memang cukup melelahkan. Saat sudah memasang suatu widget, eh, kemudian merasa tidak cocok maka dilepas lagi. Coba widget lain, gak cocok, ganti lali. Berulang kali saya merubah widget di blog ini.

[Baca juga : Cara Mengatasi Komentar Tidak Muncul di Blog Versi Mobile]

Apakah AdSense memperbolehkan gonta-ganti widget? Setahu saya boleh, yang tidak diperbolehkan adalah mengganti template.

Maka dari itu, saat blog ini diterima oleh AdSense, muncul perasaan gembira yang tak tertahankan. Namun beberapa hari kemudian baca artikel tentang AdSense, muncul perasaan kecewa karena jika template diubah maka AdSense akan dicabut.

Agak ironi juga. Tapi mau bagaimana lagi, disyukuri aja apa adanya. Karena blog Cerita Madya menggunakan template sederhana (template asli dari blogger) maka, mau tidak mau, yang harus dirubah adalah widgetnya. Dari situlah bongkar pasang widget di blog ini terjadi.

Ide memasang Cbox di blog ini terinspirasi tidak sengaja saat saya berusaha browsing mengenai pepak jawa. Saya menemukan satu situs yang menggunakan cbox di blognya yaitu sinauwerno-werno.

Cara Memasang CBOX di Blogger

Cara memasang Cbox tidaklah rumit. Saya sendiri sekali coba langsung jadi. Karena saya bisa, Anda pun pasti bisa. Berikut langkah-langkah untuk memasang cbox di blogspot :

Langkah 1

Kunjungi situs Cbox terlebih dahulu yaitu www.cbox.ws atau klik di sini. Jika sudah, maka tampilannya seharusnya seperti gambar di bawah ini.

Tampilan situs Cbox
Langkah 2

Setelah itu, silahkan Anda klik "Sign Up" seperti yang diberi kotak merah pada gambar di atas. Apabila Anda sudah klik "Sign Up" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan Sign Up
Sekarang, Anda tinggal memasukkan data-data yang diperlukan untuk mendaftar di Cbox. Silahkan isi nama akun di kolom Cbox Name, email, password, dan alamat situs yang akan dipasang cbox. Dan jangan lupa untuk memilih tema yang sesuai selera. Pratinjau tema yang Anda pilih terletak di dalam kotak biru.

Setelah mengisi data-data, jangan lupa memberi centang di bawahnya (kotak merah kecil) dan kemudian baru Anda klik "Create My Cbox!"


Langkah 3

Jika Anda sudah menekan tombol "Create My Cbox!" maka seharusnya Anda sudah berhasil terdaftar dan masuk di tampilan di bawah ini


Apabila tampilan di atas sudah muncul, artinya Anda sudah memiliki akun CBOX. Selanjutnya, silahkan tekan "Get your Cbox embed code" untuk mendapatkan kode supaya dipasang di blog Anda.

Langkah 4

Setelah melakukan langkah ke-3, seharusnya tampilan di bawah ini muncul.


Langkah terakhir adalah salin kode dan tempel di widget blog Anda. Caranya adalah klik "Copy to clipboard". Mudah bukan?! Oh iya, Anda juga bisa mengubah variasi kode cbox di "Code variation" seperti yang diberi kotak merah.

Terdapat 2 variasi cbox yang bisa Anda coba. Pertama adalah inline dan kedua adalah button.
Inline menjadikan kotak cbox Anda tertempel utuh di blog Anda. Sedangkan button menjadikan kotak cbox tersembunyi dan bisa dimunculkan dengan gaya slide. Kalau di blog Cerita Madya menggunakan button.

[Baca juga : Ranking Blog Setelah 100 Postingan di Alexa]

Anda dapat melihat cbox blog ini yang memiliki gambar seperti di bawah ini
Demikian uraian singkat mengenai cara memasang cbox di blogspot. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk bertanya apabila masih belum bisa. Caranya tulis di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar