Senin, 16 Oktober 2017

Membuat Sitemap Untuk Blogger (Post Ke-100)

Cara Membuat Sitemap Blogger | Cara Membuat Peta Situs Blog | Alhamdulillah, dengan terbitnya artikel ini, berarti sudah mencapai 100 artikel yang diterbitkan di blog Cerita Madya. Artikel ke-100 ini berjudul cara membuat sitemap atau peta situs untuk blog

Apa itu sitemap? Sitemap atau peta situs pada blog berfungsi sebagai pemetaan postingan yang diterbitkan di blog. Biasanya dikategorikan sesuai label nya. Jadi dalam sitemap, semua postingan blog Anda akan ditampilkan judulnya.


Kegunaan sitemap ini cukup menarik dan perlu dipasang di setiap blog. Dengan sitemap, orang atau pembaca bisa mengetahui postingan apa saja yang dimuat dan jumlah postingannya. Di sitemap model lain juga bisa memperlihatkan tanggal penerbitan postingan tersebut.

Sebelum saya lanjutkan artikel cara membuat sitemap untuk blogger, blog Cerita Madya mengucapkan rasa syukur kepada Yang Maha Esa dan rasa terima kasih kepada pembaca yang senantiasa memberi kekuatan dalam penggunaan blog ini.

Artikel ke-100 ini diterbitkan pada hari senin tanggal 16 Oktober 2017. Sedangkan jika dibandingkan dengan artikel pertama jaraknya memang cukup jauh.
Artikel pertama terbit pada hari sabtu tanggal 27 agustus 2016. Saya kadang cukup geli melihat perbandingan gaya penulisan pada kedua artikel tersebut. Artikel pertama bisa Anda baca di sini.

[Baca juga : Mengatasi Komentar Blog Yang Tidak Muncul di Versi Mobile]

Cara Membuat Sitemap

Baiklah, saatnya kembali ke pembahasan. Lalu bagaimana cara membuat sitemap? Dulu, artikel tentang pembuatan sitemap cukup banyak. Namun sejak hosting script milik Google dihapus. Maka beberapa script yang digunakan untuk membuat sitemap menjadi tidak berlaku lagi.
Ada beberapa script yang bisa Anda cari di situs pencarian saat ini. Saya sendiri juga mencobanya dan menggunakannya di blog Cerita Madya. Caranya cukup mudah. Silahkan salin kode di bawah ini di laman yang ingin dijadikan tempat sitemap.

<script style="text/javascript" src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/acmadya/js@gh-pages/sitemap.js"></script>

<script src="https://URL blog Anda/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Perlu diperhatikan, ganti URL blog Anda dengan alamat situs atau blog Anda. Mudah bukan? Demikian yang bisa saya sampaikan. Jika mengalami kesulitan atau error, silahkan tulis di komentar atau hubungi saya. Terima kasih atas kunjugannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar