Selasa, 05 September 2017

Pengalaman AdSense Diterima September 2017

Sahabat si Madya yang budiman. Terhitung sejak artikel ini diterbitkan, blog Cerita Madya akan menampilkan iklan AdSense. Iklan AdSense? Benar. Pendaftaran AdSense blog Cerita Madya akhirnya diterima. Pengalaman diterima AdSense ini akan saya tuangkan ke dalam artikel yang berjudul "AdSense Diterima September 2017". Simak ulasannya.

Saya ingin sedikit bertanya bagi Anda yang telah melayangkan surat elektronik pendaftaran AdSense ke Google. Apakah Anda tidak menunggu saat-saat Google membalas email pendaftaran kita? Apakah Anda cuek begitu saja setelah mendaftar? Atau Anda sering cek-cek email setiap hari?

Itulah yang saya alami saat mendaftar Google AdSense (selanjutnya akan disingkat menjadi GA). Apalagi jika Google menerima pendaftaran GA Anda. Rasa senangnya cukup membuat energi dalam tubuh meluap-luap. Tentu tak lupa mensyukuri nikmat Tuhan.

Email Pembalasan dari Google AdSense
Awal Pendaftaran

Saya masih ingat betul. Momen kemerdekaan Republik Negara Indonesia yang ke-72 tidak saya lewatkan begitu saja. Saya coba peruntungan hari merdeka tersebut dengan mendaftar ke GA. Padahal sehari sebelumnya saya sempat pesimis.

[Baca : Mencoba Daftar AdSense pada HUT RI Ke-72]

Apabila Anda penasaran dengan rasa pesimis saya, Anda dapat cek pada tautan di atas. Di lain hal, saya menemukan beberapa catatan atas keberanian saya sebelum mendaftar GA. Berikut rinciannya :

  1. Template Asli Blogger. Biasanya orang-orang menyarankan untuk menggunakan template responsif atau template yang sudah teruji melewati ketatnya pendaftaran GA
  2. Kelengkapan Blog hanya meliputi Profil, Privacy Policy, dan Disclaimer. Padahal saat saya mencoba cari informasi bahwa setidaknya ada 5 hal yang harus dipersiapkan
  3. Umur blog yang baru setahun kurang beberapa hari
  4. Penataan widget atau lainnya yang masih belum final
  5. Konten yang kadang-kadang kurang dari satu halaman
Mari kita bahas satu per satu. Pertama adalah template asli blogger. Anda dapat melihat sendiri template jenis apa yang saya gunakan. Tidak ada yang istimewa. Alasan saya menggunakan template asli Blogger adalah kesederhanaan.

Perlu diperhatikan bagi Anda yang memakai template responsif dari orang lain. Memang, memakai template responsif memiliki beberapa kelebihan dibanding template asli. Namun biasanya terdapat beberapa ketidakcocokan tata letak saat Anda memakai template responsif tersebut.

Kedua adalah kelengkapan administrasi blog. Saya lupa sebutannya makanya saya sebut sebagai administrasi blog karena halaman-halaman tersebut berisi identitas atau panduan penggunaan blog. Syarat mendaftar GA adalah mencantumkan Profil, Disclaimer, Privacy Policy (kebijakan privasi), Terms Of Service, dan Formulir Kontak. Namun saat saya mendaftar hanya mencantumkan profil, disclaimer, dan privacy policy.

Ketiga adalah umur blog Cerita Madya saat didaftarkan di GA belum mencapai genap satu tahun. Masalah umur memang tidak menjadi persoalan besar karena saya pernah membaca bahwa ada blog yang baru berusia kurang dari sebulan dapat diterima GA.

Keempat adalah penataan widget yang belum final. Coba Anda lihat tampilan blog ini, saya yakin Anda akan merasa tampilan atau tata letak widget blog ini masih bisa dioptimalkan. Misalnya penataan footer yang cukup tanggung. Sidebar sebelah kanan yang bisa dipasangi widget menarik dan lain-lain.

Kelima adalah masalah klasik yaitu konten. Salah satu rasa pesimis saya muncul adalah karena konten kurang memenuhi 'syarat' yang diberitahukan para blogger lain di artikelnya masing-masing. Dan saya juga mengamati bagaimana sih isi dan panjang konten blog yang diterima GA?

Saya menyimpulkan bahwa isi konten blog-blog yang diterima GA memiliki alur penjelasan yang mudah dicerna dengan penataan bahasa yang bersahabat. Selain itu, panjang konten jika dimasukkan ke dalam Word bisa mencapai lebih dari dua halaman A4. Panjang bro....

Jangka Waktu Diterima

Bila dihitung jangka pendaftaran dengan penerimaan GA menjadi 18 hari. Waktu yang cukup lama bagi sebuah penantian. Namun tak sebanding saat munculnya pengumuman diterima. Rasa penantian itu terbayar sudah. hehehe

Satu catatan mengenai jangka waktu pendaftaran yaitu perbedaan antara akun yang hosted dan non hosted. Akun hosted adalah akun yang memakai hosting Google misalnya blogger. Sedangkan non hosted adalah akun yang tidak memakai hosting Google. Jadi blog Cerita Madya ini jelas memakai akun hosted.

Perbedaan mencolok hosted dan non hosted adalah keunggulan yang dimiliki non hosted. Iklan di akun non hosted bisa dimunculkan di hosted, sebaliknya tidak bisa. Penjelasan selengkapnya bisa Anda telusuri di mesin pencari.

Alhamdulillah. Puji syukur. GA telah menerima pendaftaran blog Cerita Madya pada awal september 2017 sehingga artikel pada kesempatan kali ini diberi judul "AdSense Diterima September 2017." Awalnya saya ingin memberi judul "Pengalaman Diterima Google AdSense" namun tidak jadi. Karena saya ingin memberikan deskripsi kapan AdSense ini diterima sekaligus memotivasi bagi Anda.

Penutup

Demikian pengalaman diterima AdSense yang dialami oleh blog Cerita Madya. Satu hal lagi saya tegaskan bahwa blog ini akan menampilkan iklan yang disediakan oleh GA. Tolong non aktifkan adblock browser Anda. Apabila Anda merasa terganggu dengan iklan yang ditampilkan, silahkan hubungi kami. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar