Sabtu, 23 September 2017

Pemula Belajar HTML

Membuat dan mengurusi sebuah blog tentu tidak serta merta apa adanya. Harus dibarengi dengan beberapa ilmu yang mendukung blog agar blog kita dapat menampilkan hal-hal yang menarik dan bagus. Salah satunya adalah HTML. Apa itu HTML?

Benar. Membuat blog yang terbaik itu tidak hanya dengan membalikkan telapak tangan. Tidak ada yang instan di dunia ini. Bahkan mi instan sekalipun harus direbus dulu baru dimakan. Begitu pula membangun blog yang bagus nan indah, kita harus mempelajari ilmu-ilmunya.

Ilmu-ilmu Nge-Blog

Apakah banyak ilmu-ilmu yang harus dipelajari agar blog bisa menjadi bagus? Sependek pengetahuan saya, ada banyak. Blog terbaik itu dibagi menjadi dua yaitu terbaik kontenya dan terbaik tampilannya. Untuk membuat blog dengan tampilan yang terbaik, setidaknya kita harus menguasai HTML, SEO, CSS, Java Script, dan lain sebagainya.

Waduh banyak juga ya? Ya kalau Anda mau membuat blog dengan tampila terbaik memang harus begitu. Tapi kalau Anda cukup puas dengan konten terbaik juga tidak salah. Tetapi membuat konten bagus juga tidak mudah loh...

Di artikel yang membahas HTML ini, saya tidak memposisikan diri sebagai seorang ahli. Tidak. Saya sama sekali masih amatir alias pemula. Melalui artikel ini, saya ingin belajar bersama para pembaca untuk mengetahui apa itu HTML, fungsinya, dan contoh-contohnya.

Jadi, apabila para master HTML menemukan kesalahan dalam penulisan ini atau kebetulan ada pembaca yang ahli masalah HTML merasa kejanggalan dalam tulisan ini, silahkan beri komentar dan masukan. Saya siap menerimanya dengan tangan terbuka dan niat untuk belajar.

Pengertian dan Fungsi HTML

Apa itu HTML? Kalian pasti pernah mendengar istilah-istilah demikian bukan? Tapi ingat, jangan disamakan pengertian HTML dengan PHP (Pemberi Harapan Palsu). Bukan. Itu bukan pengertiannya. Itu plesetan (humor) nya.

HTML merupakan kepanjangan dari Hyper Text Markup Language. Pengertian mudahnya, HTML adalah sebuah bahasa markah (markup) yang digunakan untuk membuat sebuah situs atau blog baik informasi di dalam situs maupun tampilan situs tersebut.

Jadi dengan HTML, kita dapat memperindah tampilan atau template blog kita. Memang membuat situs atau blog tidak hanya membutuhkan HTML melainkan CSS atau Javascript, tetapi belakangan HTML semakin populer digunakan untuk membuat situs.

Dengan menguasai HTML, kita juga dapat menampilkan informasi-informasi dalam bentuk yang kita inginkan. Misalnya kita ingin membuat tulisan tebal, miring, warna, kesemuanya itu menggunakan kode HTML.

Sejarah HTML

Info lengkap mengenai lahirnya HTML ini dapat Anda cari di situs pencarian. Yang jelas, HTML telah mengalami perubahan berkali-kali hingga yang terbaru adalah HTML 5 yang dikeluarkan pada tahun 2014.

Saat ini kita dapat mempelajari kode-kode HTML dengan mudah dan dimanapun. Blog Cerita Madya juga akan menerbitkan beberapa artikel yang mengulas kode-kode HTML. Oh iya, kode-kode HTML juga bisa disebut sebagai tag HTML.

Sekalipun HTML sudah mulai menjadi hal yang lumrah, namun ada beberapa browser (peramban) yang tidak mendukung HTML. Alasan browser tidak mendukung HTML mungkin karena HTML itu jenis terbaru seperti HTML 5. Anda bisa mengecek apakah ada kode-kode HTML yang tidak didukung browser di situs-situs HTML yang berkeliaran di dunia maya.

Kode/Tag HTML Pemula

Sampai sini apakah masih ada yang belum faham mengenai HTML? Jika memang belum faham, saya mencoba memberikan pengertian lain. HTML adalah kode-kode yang membentuk sebuah tulisan.

Misalnya ketika Anda ingin menulis huruf tebal seperti ini, maka Anda harus memberi kode HTML berupa <b> yang biasanya disebut dengan istilah Bold. Jika ingin menulis huruf miring maka gunakan kode <i> atau italic. Bila ingin menulis huruf yang bergaris bawah maka ketik kode <u> atau underline.

Jadi bila Anda berfikir kok komputernya pintar bisa menulis huruf tebal, miring. Itu tidak salah juga tidak benar. Karena komputernya menerjemahkan dan menerapkan kode-kode HTML yang Anda ingingkan.

Menulis huruf berwarna juga menggunakan kode HTML. Contohnya merah, kodenya <span style="color: red(bisa diganti yellow, green, dan lain-lain);">teks di sini</span>

Membuat teks berjalan juga menggunakan HTML dengan kode <marquee> contohnya bisa Anda lihat di bawah ini.
Halo, ini adalah teks berjalan

Membuat kotak, garis, tombol, semuanya menggunakan HTML. Contohnya

Jadi bisa dibayangkan betapa pentingnya HTML bagi kehidupan blogger. Ayo kita belajar bersama-sama kode HTML, blog Cerita Madya akan berusaha memposting artikel tentang kode-kode HTML di lain waktu. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar