Minggu, 27 Agustus 2017

Ulang Tahun Pertama Blog Cerita Madya

Pada malam yang dingin di hari Sabtu atau tepatnya malam minggu pada tanggal 27 Agustus 2016, muncul lah artikel pertama sekaligus menandai berdirinya blog Cerita Madya. Lalu bagaimana kilas balik (flashback) blog Cerita Madya selama setahun ini? Simak ulasannya.

Saya sendiri sempat kaget dan tak habis berfikir, untuk apa merayakan uang tahun pertama blog ini. Tak lama saya menemukan jawabannya. Saya ingin blog Cerita Madya menjadi blog yang bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Saya ingin blog Cerita Madya menjadi ladang inspirasi bagi para pengunjung. Meskipun saya menyadari banyak sekali kekurangan yang dimiliki. Ditambah mengenai konten yang terbatas, saya pribadi mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya dan menerima kritik saran yang membangun.

Sebab Lahirnya Blog Cerita Madya

Berbicara tentang muncul ide mendirikan blog Cerita Madya. Kita dapat melihat berbagai kemungkinan. Misalnya ide lahirnya blog ini ditimbulkan oleh motivasi menulis yang tinggi. Jika melihat waktu itu, suasana malam minggu diperkirakan juga mempengaruhi lahirnya blog ini. hehehe

Kemungkinan lain yaitu posisi jauh dari kampung halaman menguatkan saya untuk menceritakan kondisi yang dialami di sekitar. Entah itu mengenai masalah budaya, politik, dan fenomena sosial. Dan juga mungkin, karena waktu itu saya merasa 'kesepian' sehingga memutuskan untuk menguraikan suasana tersebut menjadi sebuah blog. Mungkin.

Dari semua sebab dan kemungkinan yang terjadi, entah karena alasan jarak, motivasi, dan lainnya, akhirnya lahir lah blog Cerita Madya ini. Diawali dari artikel pertama yang berjudul "Review Ulasan Lumia 520 Indonesia" yang sebenarnya sudah tersimpan rapi di folder dokumen laptop saya.

Frekuensi Menulis

Anda tentunya memahami alasan lahirnya blog ini dan akibat yang muncul karena alasan tersebut. Ya. Blog ini sempat mengalami vakum setelah beberapa artikel terbit. Anda dapat melihat arsip frekuensi menulis berikut ini :

1. Agustus 2016 : 8 artikel
2. September 2016 : 1 artikel
3. Desember 2016 : 1 artikel
4. Juli 2017 : 20 artikel
5 Agustus 2017 (sampai hari ini) : 28 artikel

Jadi total artikel hingga hari ini adalah 58 artikel. Dari arsip di atas, Anda dapat melihat bahwa selama dua bulan (Agustus - September 2016) hanya menghasilkan 9 artikel. Bahkan selama 6 bulan berturut-turut tidak menghasilkan apa-apa.

Setelahnya, yaitu selama sebulan medio Juli dan Agustus tahun ini, saya bertekad untuk menulis artikel setiap hari. Alhamdulillah terlaksana. Selama 2 bulan tersebut telah menghasilkan 48 artikel dan ini sekaligus menandai hidupnya blog ini.

Label, Logo, dan Tagline

Blog Cerita Madya memiliki beberapa label yang sempat berganti-ganti. Misalnya label 'Rihlah' diganti 'Pengalaman'. Sedangkan label 'Buku' dihapus. Saat ini total label yang tersedia sebagai berikut :

(nomor). (label) : (total artikel)
1. Anime : 1
2. Blog : 15
3. Buku : 1
4. Film : 3
5. Infinix Hot 2 : 10
6. Laptop : 5
7. Lumia 520 : 3
8. Manga : 13
9. Pengalaman : 9

Sedangkan untuk logo sendiri baru terbentuk akhir Juli lalu. Anda dapat melihat logo blog ini pada gambar di atas. Untuk penjelasan lebih lengkapnya dapat Anda baca di Logo Cerita Madya

Lalu untuk tagline sendiri, saya awalnya tidak yakin. Mengapa? Karena menurut saya, tagline itu tidak penting. Namun akhirnya saya menyerah pada diri saya sendiri dengan alasan tagline ini juga menjadi deskripsi blog Cerita Madya. Tagline blog ini adalah Story of Madya Journey

Tema dan Tata Letak

Untuk masalah tema, saya mempercayakan kepada Blogger yaitu dengan menggunakan tema Awesome Inc Blogger (PT Keren Sekali). Anda juga dapat menggunakannya. Tentu saja, tema yang disediakan oleh Blogger sedikit demi sedikit mengalami perubahan guna tampilan yang lebih friendly

Bila Anda mengikuti blog Cerita Madya, Anda dapat menyaksikan perubahan tata letak yang sangat signifikan dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Di bagian laman terdapat tab Home, About Us, Privacy Police, dan Disclaimer

Tampilan web blog Cerita Madya
Untuk bagian artikel yang ditampilkan adalah sebanyak 7 artikel terbaru. Di bilah samping kanan, Anda dapat menemukan Search This Blog, 7 Artikel Terpopuler Bulan Ini, Artikel Menarik, Subscribe Email, DMCA, dan Flag Counter

Analisa Blog

Maksudnya adalah apa saja yang sudah dicapai oleh blog Cerita Madya selama setahun ini. Tentu satu tahun adalah waktu yang pendek, kata sebagian orang. Jadi tentu tidak banyak yang dicapai oleh Cerita Madya.

Misalnya statistik. Riwayat penayangan sepanjang waktu adalah 5659 tayangan. Negara pemirsa untuk 5 besar adalah Indonesia, Amerika Serikat, Vietnam, Singapura, dan Uni Emirat Arab. Untuk PageSpeed Insight adalah 69 untuk seluler dan 77 untuk web.

Bagaiman dengan AdSense? Waduh. Apakah Anda melihat iklan di blog ini? Tidak ada kan? Meskipun begitu saya berharap blog Cerita Madya bisa masuk di AdSense hehehe Saya sendiri sudah mengajukan pendaftaran tetapi hingga 10 hari belum ada jawaban.

Doa dan Harapan

Harapan akan blog ini sebenarnya hanya dua yaitu menjadi blog inspiratif dan informatif. Saya tidak terlalu memaksakan target tinggi yang harus dicapai untuk blog ini. Biarkan semua mengalir seperti aliran air di sungai. Apabila menemui batu karang, air akan tetap mengalir mencari celah nya sendiri.

Semua itu tak akan dicapai tanpa bantuan Anda para pembaca yang budiman. Saran dan kritik Anda tentu akan sangat membantu demi pembangunan blog Cerita Madya. Terima kasih dan mohon maaf sebesar-besarnya.

Selamat Ulang Tahun Ke-1, blog Cerita Madya!

27 Agustus 2016 - 27 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar