Rabu, 02 Agustus 2017

Terbitkan Komik dan Dapatkan Penghasilan Webtoon

Menerbitkan komik sekarang semakin mudah. Dengan bantuan teknologi, semua orang dapat menyalurkan bakat dalam pembuatan komik. Bahkan Anda dapat penghasilan dari komik yang Anda terbitkan. Salah satunya penghasilan dari Webtoon. Apakah Anda mempunyai bakat membuat komik dan ingin dapat penghasilan sendiri? Terbitkan di Webtoon!

Saya tidak berusaha untuk mempromosikan layanan Webtoon. Tujuan saya adalah untuk membuat anak bangsa untuk berlomba-lomba membuat komik yang menginspirasi dan kreatif. Bila Anda memiliki hobi membaca komik, khususnya yang berusia 17-25 tahun, tentunya sudah mengetahui bahwa kebanyakan orang menggandrungi manga (bahasa jepang artinya komik buatan orang jepang). Manga terlihat menarik karena sedemikian rupa digambar dengan detail dan plot cerita juga berkesan. Namun apakah hanya orang jepang saja yang bisa membuat komik? Jawabannya tidak.

Sumber : LINE
Semua orang dapat membuat komik. Saya asal menggambar juga bisa. Pertanyaan selanjutnya, apakah komik orang tersebut dapat dikenal atau bahkan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya? Di sini lah, keseriusan dan bakat mempengaruhi. Sekarang mari kita kembali ke judul pembahasan.

Saya anggap Anda merupakan orang yang hobi menggambar dan ingin untuk menerbitkan komik buatan Anda sendiri. Selanjutnya, bagaimana cara menerbitkan komik dan mendapat penghasilan dari komik? Webtoon adalah jawaban yang saya tawarkan.
Bagaimana caranya? Bukalah aplikasi atau situs Webtoon lalu baca peraturannya baik-baik. Ketika Anda menerbitkan komik di Webtoon, Anda tidak akan otomatis langsung mendapat gaji. Anda harus memasuki kategori Webtoon Challenge dimana komik Anda akan diuji dengan komik karya orang lain. Bila karya Anda diakui dan dibaca banyak orang, maka komik Anda kan masuk Webtoon resmi dan siap menerima gaji.

Tunggu! Mungkin sebagian besar dari Anda bertanya, apakah saya sudah mendapat gaji dari Webtoon? Tidak. Bahkan saya belum menerbitkan komik apapun di Webtoon. Saya sendiri sudah ada niatan untuk menerbitkan komik di Webtoon tapi karena bla bla bla akhirnya belum sempat. Sekali lagi saya tegaskan bahwa Anda akan mendapatkan penghasilan bila komik Anda berhasil masuk dalam Webtoon resmi. 

Mungkin Anda akan bertanya lagi, bagaimana saya tahu penghasilan Webtoon? Tentu saja tahu. Silahkan anda baca berita dimana-mana yang mengatakan bahwa Webtoon memberikan gaji kepada pengarang komik yang sukss masuk di Webtoon resmi. Salah satunya adalah Nur Fadli.

Nur Fadli adalah komikus asal Sulawesi yang sukses di Webtoon berkat komik Tahilalats. Nur Fadli mengaku mendapat gaji antara 3 - 15 juta per bulannya. Dahsyat bro... Tapi jangan hanya melihat penghasilan Nur Fadli.
Lihatlah karyanya. Komik Tahilalats berhasil mendapatkan rating 9 lebih dan difavoritkan oleh sekitar 2,5 juta pembaca. Bayangkan sendiri, bagaimana caranya Nur Fadli dapat mendapatkan pembaca sedemikan banyak. Tentu dengan usaha yang keras.

Jangan pesimis. Banyak komikus Indonesia yang sukses di Webtoon bahkan dapat dikenal hingga dunia. Terdapat lima komikus Webtoon asal Indonesia yang sukses di kancah dunia. Misalnya  'Eggnoid' karangan Archie the Red Cat. Kedua, 'My Pre-Wedding' karya Annisa Nisfihani. Nurfadli Mursyid yang dikenal dengan 'Tahilalats', lalu ada 'Flawless' oleh Shinshinhye, dan terakhir '304th' oleh Felicia Hung.  Luar biasa kan bro.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Anda jago menggambar? Ayo buat dan terbitkan komikmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar