Rabu, 30 Agustus 2017

Mengatasi Masalah Kesalahan Menerapkan Widget AdSense Blog

Para blogger yang sudah lama biasanya akan mencoba daftar AdSense untuk blognya. Tak jarang juga blogger pemula langsung nekat daftar AdSense, seperti saya misalnya. hehehe Di artikel ini akan menjawab masalah kesalahan menerapkan widget blog Anda. Silahkan disimak!

Sebenarnya saya bingung ingin memberi judul apa untuk artikel kali ini Mengapa saya bingung? Karena apa yang saya bagikan di sini mungkin sebagian para blogger sudah tahu alias sudah lumrah.

Namun fakta nya ketika saya mengalami masalah seperti ini, saya sendiri langsung bingung. Bahkan membutuhkan beberapa jam untuk memecahkannya. Saya mencoba cari di mesin telusur namun tidak ada jawaban yang mengatasi masalah tersebut.

Satu hal lagi. Saya ingin minta maaf belum bisa memberikan tangkapan layar (screenshoot) di artikel ini karena waktu itu masalah ini cukup membuat saya kaget sehingga saya jadi lupa melakukan tangkapan layar, hehehe


Baiklah. Masalah ini berawal saat saya mendaftar Google AdSense untuk sebuah blog. Saat saya berhasil sampai pada langkah kedua dan ingin melanjutkan langkah ketiga, eh tiba-tiba gagal dan muncul pesan di bawah ini :

Maaf. Terjadi kesalahan saat kami mencoba menerapkan widget AdSense ke blog Anda. Account approval pending. Lanjutkan ke laman Penghasilan dan periksa setelan AdSense.

Setelah pesan itu muncul, saya mencoba mengulang kembali proses daftar di AdSense. Tetapi lagi-lagi muncul pesan tersebut. Hingga percobaan kelima saya sedikit menyerah.

Lalu saya mencoba cek di tab Earning/Penghasilan. Ternyata benar dugaan saya. Pengaturan iklan yang biasanya muncul usai daftar di AdSense malah tidak muncul. Apakah ini menunjukkan saya gagal daftar AdSense? Bahkan sempat muncul di pikiran saya, apakah blog saya langsung ditolak sesaat setelah daftar?

Langkah saya selanjutnya adalah membandingkan antar blog. Kebetulan saya memiliki 2 blog. Satunya berhasil daftar tapi masih belum pengumuman. Satunya mengalami masalah ini. Saya amati baik-baik. Dan saya berhasil menemukan sebuah benang merah.

Benang merah itu adalah saya tidak bisa memasukkan widget AdSense secara manual lewat tab tata letak. Blog pertama bisa tambah widget AdSense lewat tata letak, sedangkan satunya tidak bisa. Artinya tema yang dipakai blog tidak memungkinkan untuk menambah widget AdSense.

Akhirnya saya ubah tema/template blog tersebut ke tema yang lain. Lalu saya coba kembali daftar AdSense dan berhasil. Pesan kesalahan tidak muncul kembali dan widget AdSense berhasil dipasang di blog.

Demikian artikel yang dapat saya bagikan. Apakah Anda mengalami masalah yang sama? Bagikan pengalaman Anda dengan menulis komentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar