Jumat, 14 Juli 2017

Penggunaan Peta Antara Google Maps dan Here Maps

Peta merupakan alat yang dibutuhkan ketika kita ingin menuju suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Seperti halnya mudik beberapa waktu lalu, penulis sendiri menggunakan aplikasi peta yang disediakan di sistem operasi Android yaitu Google Maps dan Here Maps. Lalu bagaimana perbedaan dan kelebihan masing-masing? Berikut ulasannya!

Sebelum membahas penggunaan Google Maps dan Here Maps, penulis ingin memastikan bahwa pembaca sudah pernah menggunakan kedua aplikasi tersebut, atau setidaknya tahu isi aplikasinya. Silahkan download dan cari sendiri artikel-artikel lain hehehe... Di artikel ini, penulis ingin berbagi penggunaan kedua aplikasi tersebut.

Dari pengalaman penulis, pertama adalah bila pembaca menggunakan aplikasi Google Maps maka Anda perlu menyediakan jaringan data internet. Berbeda dengan Here Maps yang menawarkan mode offline-nya yang terkenal. Apakah Google Maps tidak menyediakan versi offline? Ada, namun ketika dibandingkan hasilnya lebih bagus versi online. Kedua, meskipun Google Maps harus menggunakan koneksi internet, keuntungannya adalah dapat secara online menggambarkan jalan yang macet, normal, atau lengang. Berbeda dengan Here Maps.

Jadi dalam perjalanan mudik kemarin, penulis sengaja menggunakan kedua aplikasi tersebut agar saling menguntungkan. Pertama gunakan aplikasi Google Maps untuk mengetahu rute mana yang mengalami kemacetan. Lalu segera gunakan Here Maps untuk proses navigasi.

Muncul pertanyaan, bila disuruh memilih antara Google Maps dan Here Maps, manakah yang penulis pilih? Secara subyektif, penulis memilih Here Maps. Alasannya, akurasi GPS atau lokasi mendekati tepat, berbeda dengan Google Maps yang terkadang suka melenceng. Apa mungkin tergantung hapenya? Penulis kurang mengerti. Tapi hape yang penulis gunakan adalah Infinix Hot 2 dan Zenfone 3. Silahkan beri komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar